Live
Rossi Setahun di Petronas Yamaha, Semrawut Bikin Tim Sendiri di MotoGP?

Rossi Setahun di Petronas Yamaha, Semrawut Bikin Tim Sendiri di MotoGP?

Jakarta

Ada dua berita mengejutkan dari Valentino Rossi. Pertama, ia akan segera diresmikan sebagai pebalap baru Petronas Yamaha SRT. Kedua, ia dikabarkan akan membangun tim sendiri dalam MotoGP.

Diberitakan GPOne dan The Race , Rossi sudah melakukan sejumlah pertemuan intensif sejak pekan lalu dengan Razali Razlan (CEO Petronas Yamaha) dan Lin Jarvis (Managing Director Yamaha) di markas VR46 dengan terletak di Tavullia, Italia. Peristiwa ini untuk membahas kepindahannya ke ke tim satelit Yamaha tersebut.

Peresmiannya akan dilakukan pada Kamis (24/9) lusa pada Barcelona, di mana setelahnya akan ada persiapan menyambut MotoGP Catalunya yang digelar pada 25-27 September.

Rencananya, Rossi akan dikontrak selama setahun, yakni cuma untuk balapan MotoGP 2021. Ia akan membawa tiga orang krunya buat bergabung dengan tim asal Malaysia tersebut, yakni David Munoz (kepala kru), Matteo Flamigni (operator telemetri), dan Idalio Gavira (pelatih).

Bukan tanpa alasan Rossi cuma dikontrak setahun oleh Petronas Yamaha. Hal itu dikarenakan ia berencana memiliki tim sendiri di MotoGP 2022.

Sebelumnya, tim milik Rossi, Sky Racing Team VR46, sudah tampil pada Moto2 dan Moto3. Dengan adanya reorganisasi MotoGP 2022, hal itu membuka kesempatan buat tim segar masuk ke sana, termasuk Sky Racing Team VR46.

Kabarnya, Rossi akan menempatkan adiknya, Luca Marini, sebagai salah satu pebalap. Belum diketahui apakah Rossi juga akan membalap di awak miliknya atau tidak.

Mengenai kabar soal timnya menyelundup ke MotoGP, Rossi sudah membicarakannya pekan lalu. Namun ia mengiakan harus mempelajarinya dulu.

Luca Marini. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

“Untuk kami (Sky Racing Team VR46), masuk ke MotoGP di 2021, rasanya tidak, ” kata Rossi, dikutip Crash .

“Tapi di 2022, MotoGP akan melakukan banyak perubahan jadi kami harus memahaminya. Saat ini, ana bahagia bisa tampil di Moto3 and Moto2, karena di situlah dimensi kami saat ini. Untuk ke MotoGP, kami harus melaksanakan langkah lebih lanjut. Itu tidak mudah, ” jelasnya.

Ada banyak rumor terkait pengusaha mana yang akan menyokong motor timnya andai masuk ke MotoGP. Yamaha tentu dikaitkan dengan hal ini, namun Suzuki yang dimanajeri teman Rossi, Davide Brivio, selalu difavoritkan.

Simak Video ” Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna
[Gambas:Video 20detik]
(adp/cas)