Live
MotoGP 2021: Mandalika Cadangan atau Mampu Pilih Waktu Balapan?

MotoGP 2021: Mandalika Cadangan atau Mampu Pilih Waktu Balapan?

Jakarta

Dalam kalender MotoGP 2021 sementara, MotoGP Indonesia di Mandalika hadir daftar reserve venue bersama 3 sirkuit lain. Di sisi lain, ada klaim bahwa label reserve buat sirkuit Mandalika bermakna ‘perlakuan khusus’ sehingga bisa memilih masa balapan di MotoGP 2021.

Seperti diberitakan sebelumnya, jadwal MotoGP 2021 sudah dirilis. Sifatnya masih sementara ( provisional ), sehingga pelabelannya pun adalah: provisional 2021 MotoGP™ calendar.

Dengan MotoGP 2020 sangat terimbas pandemi COVID-19, sehingga 20 kemuliaan balapan harus terpangkas jadi 14 seri balapan yang terpusat pada Eropa, kini ada upaya biar MotoGP 2021 bisa kembali menyelenggarakan 20 seri balapan.

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports, mengaku bahwa pihaknya memang berusaha buat menyusun jadwal selayaknya musim dengan ‘normal’ sehingga melibatkan 20 kemuliaan balapan. Di sisi lain, dia tetap bersikap realistis.

“Kami harap bisa melakukannya. Tapi tentu saja ada banyak situasi yang belum kami ketahui, itu mengapa kami menyertakan tiga Grand Prix cadangan untuk dialokasikan kapan saja dianggap memungkinkan dan pula mempertimbangkan kondisi cuaca di per lokasi, ” sebutnya dalam terbit yang diterima detikSport.

Dalam penanggalan sementara tersebut, MotoGP Qatar menjadi pembuka MotoGP 2021 pada agenda 28 Maret, diikuti oleh balapan beruntun di Argentina dan Amerika pada 11-18 April. MotoGP Valencia menjadi penutup pada 14 November.

Kalender MotoGP 2021 sementara Foto: dok. MotoGP

Lantaran 20 seri balapan yang direncanakan, ada satu yang masih berkedudukan To Be Decided (TBD) . Itu adalah MotoGP Ceko di Brno, yang sedang belum dipastikan dapat menggelar balapan.

Seiring dengan kode tanya di MotoGP Ceko serta situasi virus Corona yang mampu saja berimbas pada seri-seri balapan seperti pada musim ini, satu diantara antisipasi Dorna adalah menyertakan 3 venue ke daftar cadangan. Ada Algarve di Portugal, Mandalika pada Indonesia, dan Igora Drive pada Rusia. Dari ketiga reserve grand prix venues tersebut, Mandalika di Nusantara juga masih punya PR di dalam homologasi sehingga jadi satu-satunya dengan disertai catatan Subject to Homologation.

Dalam publikasi media Autosport , hal itu pula secara khusus ditegaskan. “Andaikata MotoGP Ceko tak bisa terwujud, salah satu dari tiga sirkuit ini dengan kemudian akan digunakan, walaupun venue-nya Indonesia masih butuh dihomologasi oleh FIM. ”

[Halaman selanjutnya: MGPA klaim Indonesia bisa pilih waktu balapan di MotoGP 2021]